Sky Burial: Pemakaman Langit di Tibet

Jumat, 01 April 2016


Halo, readers...

Hari ini, gue mau berbagi info sama kalian. Yap!
Tidak seperti postingan-postingan gue sebelumnya, postingan kali ini gue buat sekadar untuk nambah pengetahuan aja. Ya,, supaya blog gue ada manfaatnya dikit lah..  mengingat, dari dulu gue cuma posting tulisan-tulisan galau yang (sangat) tidak bermanfaat. 


Oke, langsung aja ya..


*****


Sky Burial
Atau yang bisa disebut juga Pemakaman Langit adalah suatu tradisi adat pemakaman di Tibet. Di mana, jasad yang sudah meninggal tidak dimakamkan seperti pada umumnya.

Di sana, jasad yang telah meninggal didoakan terlebih dahulu. Kemudian dibawa ke puncak gunung yang mana terdapat banyak burung pemakan bangkai. Jasad tersebut ditelungkupkan dan disayat-sayat agar mengundang datangnya burung pemakan bangkai. Yang nantinya, burung pemakan bangkai akan memakan jasad tersebut. Tulang-belulangnya juga dihaluskan untuk mempermudah dimakan oleh burung-burung kecil. Terkadang, tengkoraknya juga dibawa pulang sebagai tempat minum.


Memang, bagi kebanyakan orang hal tersebut sangat mengerikan. Namun, ini sudah menjadi tradisi di sana. Selain itu, ada beberapa faktor yang menyebabkan mereka memilih untuk melakukan pemakaman dengan cara tersebut:
1)Kondisi geografis. Letaknya yang berada di dataran tinggi dan berbatu tidak memungkinkan untuk melakukan penggalian tanah serta sulitnya mencari kayu bakar sehingga tidak bisa melakukan kremasi.
2)Mayoritas penduduknya beragama Buddha Vajrayana yang meyakini adanya reinkarnasi. Mereka beranggapan bahwa setelah meninggal, roh atau jiwa manusia sampai ke nirwana dan jasadnya tidak ada artinya lagi. Dan lokasi ritual yang dipercaya merupakan pintu gerbang menuju nirwana. Sehingga lebih baik dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan makhluk hidup lain yang lebih membutuhkan.
3)Dari beberapa sumber menyebutkan, bahwa kebanyakan warganya merupakan vegetarian dan bukan pemakan daging. Oleh karena itu, jasad tersebut dimanfaatkan untuk pakan burung pemakan bangkai. Hal ini juga menjadikan orang yang telah meninggal tersebut, dapat berbuat kebaikan untuk membantu makhluk hidup lain atas meninggalnya.


Ritual ini dilakukan oleh warga di Provinsi Qinghai, Tibet, Mongolia Dalam dan Mongolia. Perlu diketahui bahwa pemakaman ini dilakukan atas permintaan dari orang yang meninggal tersebut saat masih hidup atau setelah memperoleh izin dari pihak keluarga. Beberapa tulang belulang yang masih tersisa dikumpulkan dan dirangkai menjadi batu nisan yang nantinya akan diziarahi oleh para keluarga.

Meskipun mengerikan, ritual ini juga menarik perhatian para wisatawan yang ingin menyaksikan pemakaman ini secara langsung.

Dikutip dari: http://world-nesia.blogspot.co.id/2015/04/ritual-pemakaman-langit-yang-mengerikan.html?m=1
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Pemakaman_langit
Dan beberapa sumber lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS