Review Buku: Jatuh Cinta Awalnya Sederhana karya Anggrek Lestari

Sabtu, 18 Juni 2016

Selamat pagi!

Tidak terasa, sekarang sudah hari ke-14 puasa di bulan Ramadhan tahun ini, ya. Semoga kita semua tetap dapat menjalankan ibadah puasa tahun ini dengan baik dan penuh semangat. :)

Oke, hari ini saya ingin menulis review tentang sebuah buku. Sebenarnya saya baru selesai membacanya tadi subuh, seusai makan sahur. (gak penting, ya). Dan karena saya sangat tertarik dengan buku ini, maka saya pun berinisiatif untuk me-riview-nya. Semoga setelah membaca review ini, kalian juga akan sama tertariknya seperti saya.


 ***


Sumber: nuratika012.blogspot.com



Judul Buku    : Jatuh Cinta Awalnya Sederhana
Penulis          : Anggrek Lestari
Penerbit        : PT ELEX MEDIA KOMPUTINDO
Tahun Terbit  : 2016
ISBN            : 978-602-02-8661-7

Bagaimana perasaanmu jika kamu tahu, kalau orang yang sangat kamu cintai justru memanfaatkanmu untuk mendapatkan seseorang yang ia inginkan?
Apa yang akan kamu lakukan, jika seseorang dari masa lalumu, yang telah meninggalkanmu dengan harapan yang semu, kini datang kembali dengan perasaan yang sama? Bahkan lebih besar dari yang dulu.
Lalu, apakah kamu akan memaafkan orang yang dulu, pernah meninggalkanmu dengan alasan yang begitu menyakitkan, ketika dia datang lagi dan menyesali semua perbuatan bodohnya?

Itu adalah pertanyaan paling mendasar dari cerita dalam buku ini. Dan kamu akan tahu jawabannya, ketika membaca buku ini sampai selesai.

Buku ini bercerita tentang Marina. Seorang selebtwit yang berpacaran dengan pengacara bernama Franko. Dia sangat mencintai Franko dengan tulus. Meskipun Franko selalu cuek padanya. Dia menganggap bahwa itu adalah memang perilakunya dan selalu berpikir positif mengenai hal itu. Tanpa sebenarnya dia ketahui, bahwa Franko memacarinya hanya untuk mengecoh takdir.

Ya, Franko ingin mengecoh takdir.
Dan pada hakikatnya, siapa pun yang berani mengecoh takdir, justru akan terjebak dalam permainannya sendiri.

Franko memacari Marina hanya untuk memancing agar Flo (mantannya Franko) kembali lagi kepelukannya. Dia lebih mementingkan egonya sendiri dengan berencana akan memutuskan Marina setelah dia berhasil mendapatkan Flo lagi.

Flo sendiri, adalah seorang perempuan yang gila harta dan ketenaran. Dia akan melakukan apapun untuk mendapatkan keinginannya itu. Saat itu, Flo berstatus sebagai pacar Aksan (kakak Marina) yang saat itu mulai terkenal karena mengikuti kompetisi menyanyi Rising Star. Flo mendekati Aksan hanya untuk meningkatkan kepopulerannya.

Dalam pesta ulang tahun Marinalah, Flo dan Franko kembali bertemu. Sejak itu mereka kembali dekat dan mulai menjalin hubungan lagi. Sementara Marina dan Aksan tidak mengetahui hal itu sama sekali. Kemudian, muncul juga tokoh bernama Rij. Dia adalah cinta lama Marina yang sangat membekas di hatinya.

Dulu, Marina dan Rij saling menyukai. Marina selalu mengutarakan perasaannya itu tanpa malu-malu pada Rij. Setiap mendengarnya, Rij hanya tersenyum penuh kegembiraan dan mengucapkan kalimat-kalimat manis yang membuat hati Marina melayang. Meskipun begitu, Rij tidak pernah memberi kepastian pada Marina. Dia belum berani untuk berkomitmen. Selain itu, dia juga berpendapat bahwa lebih baik langsung menikah saja daripada pacaran. Dan saat itu, mereka masih belum pantas untuk menikah.

Rij tidak pernah menyatakan perasaannya sekali pun pada Marina. Sampai akhirnya dia harus pergi ke Jakarta dan meninggalkan Marina di Medan dengan penuh ketidakpastian dan harapan semu. Setelah kepergian Rij, Marina tidak ingin terus bersedih dan menunggu sesuatu yang tidak pasti lagi. Dia kemudian bertemu dengan Franko dan menjalin hubungan dengan pengacara itu.

Singkat cerita, setelah Franko berhasil mendapatkan Flo kembali, dia akan melepaskan Marina. Rencananya mengecoh takdir itu gagal ketika dia baru menyadari bahwa yang sebenarnya tulus mencintainya adalah Marina. Selama ini Franko hanya mengutamakan egonya untuk memiliki Flo. Dengan iming-iming kesenangan dan kepuasan batin yang tak akan pernah memperoleh kebahagiaan sejati. Justru bersama Marinalah dia bisa merasakan kebahagiaan.

Di lain sisi, kesetian Marina juga diuji. Cinta lamanya, Rij, kembali membuka masa lalunya. Ada bagian pada hatinya yang masih menginginkan Rij tetap di sisinya. Namun, dia juga tidak bisa menahan Rij untuk bersamanya. Karena, bagaimana pun juga Marina adalah pacar Franko. Dan dia tidak mungkin memutuskan Franko untuk bersama Rij. Sampai akhirnya, Rij sendiri yang melepaskan Marina. Rij menyadari bahwa dia tidak bisa mendapatkan Marina lagi. Kesalahnnya untuk tidak menyatakan perasaan dulu, membuatnya harus kehilangan Marina.

Lalu, bagaimana akhir dari cerita ini?
Apakah hubungan Franko dan Marina akan terus bertahan? Atau justru Marina akan bersama dengan Rij?
Belum lagi, ditambah dengan masalah keluarga Marina. Di mana Ayahnya yang dulu meninggalkan dia, Ibunya, dan Aksan karena bertemu dengan cinta masa lalunya kini datang lagi ke kehidupan mereka. Kemudian, Aksan yang sangat membenci Marina karena menganggap bahwa Marinalah yang menyebabkan kepergian Ayah mereka. Dan, tentang Franko. Pengacara muda yang penuh akan gemerlap kekayaan dan ego yang tinggi, namun sebenarnya sangat miskin kasih sayang dan ketulusan dari orang-orang di sekitarnya.

***

Sumber: nuratika012.blogspot.com

Ide cerita dalam buku ini sangat menarik. Banyak pelajaran yang saya petik dari setiap bab yang saya lewati. Misalnya, tentang orang yang sering mencapai apa yang ia inginkan, dan lupa dengan apa yang sebenarnya dia butuhkan. Sehingga dia berusaha untuk mengecoh takdirnya, yang tanpa dia sadari bahwa "kecohannya" justru berbalik menikam dirinya sendiri. Bagaimana pun juga, selalu ada andil Tuhan dalam setiap cerita kehidupan.

Selain itu, saya suka dengan penulisan Kak Anggrek. Yang sederhana namun mengandung nilai sastra yang tinggi. Kalau kalian membaca buku ini, kalian akan menemukan beberapa paragraf yang kalimatnya ditulis bersajak atau persamaan bunyi. Contohnya, pada salah satu halaman yang bunyinya begini:

Tanpa Marina sadari, semakin dia bertanya untuk meyakinkan diri, semakin keraguan menghampiri. Karena, sejatinya menanyai adalah awal meragui, meski suatu saat bisa menemukan jawaban untuk kembali mempercayai.
 
Penggunaan bahasa daerah Medan juga menjadi suatu ketertarikan tersendiri. Karena, itu dapat menambah kosa kata yang saya miliki.

Namun, ada juga beberapa penulisan yang mungkin luput dari perbaikan. Karena, saya menemukan ada kata yang salah ketik atau tanda baca yang berlebih. Dan, sudut pandang yang tiba-tiba berubah. Tetapi hal itu tidak mengurangi keseruan dari cerita itu sendiri. Justru, menjadi pelajaran untuk kita agar lebih baik dan teliti lagi dalam menulis.

Nah, jadi kalian harus baca buku ini!
Khususnya untuk anak muda. Karena, akan ada banyak hal baru yang akan kalian dapatkan dengan membaca buku ini. Bahkan dapat mengubah pendapat kalian tentang jatuh cinta. Oh ya, juga banyak quotes yang akan kalian temukan. Tentunya itu sangat menarik, karena kalian akan jadi terlihat lebih bijak dalam menghadapi perasaan jatuh cinta. Salah satu quotes yang paling saya suka adalah:


"Kau tidak mengabadikan mereka yang hilang dengan menulis mengenai mereka. Bahasa menguburkan, tidak membangkitkan kembali."

- The Fault In Our Star


"Buku ini mengajarkan kita bahwa tidak semua keinginan kita selalu benar. Terkadang, kita justru lupa apa yang sebenarnya kita butuhkan." (Nur Atika, penikmat buku dan blogger)

Oh ya, kalian juga bisa mengunjungi langsung Kak Anggrek Lestari melalui blognya:
Selamat membaca :-)
Rating: 3.5/5 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS