MOVE ON

Kamis, 09 Juni 2016

Kata orang, "kalau kamu mau move on dari seseorang, kamu harus bisa melupakan dia."

Apa kalian setuju dengan kalimat itu?

Pada awalnya, saya setuju. Sangat setuju.
Setidaknya untuk beberapa saat, kita harus melupakan seseorang yang pernah datang dalam hidup kita. Pada awalnya memang sulit. Itu dikarenakan belum mampunya kita untuk menyesuaikan diri dengan berbagai kebiasaan yang telah berubah-sama seperti sebelum kita mengenal dia.

Namun, seiring berjalannya waktu kita pasti bisa menerima lagi kebiasaan-kebiasaan itu. Move on itu hanya masalah waktu dan niat.

Lalu bagaimana dengan orang yang sudah Move On tetapi saat bertegur sapa lagi, perasaan yang sudah dikubur dalam-dalam itu tumbuh lagi?

Nah, kalau itu beda lagi.
Analogi sederhananya sama seperti saat kamu sedang membuka album foto. Entah, sudah berapa tahun kamu tidak lagi menyentuh dan membuka album itu. Tetapi, ketika kamu membukanya lagi setiap foto yang ada dalam album itu pasti akan membawamu pada kenangan saat peristiwa dalam foto itu terjadi.

Begitu pula dengan move on.
Sebesar apapun usahamu untuk melupakan seseorang, entah itu berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun sekalipun. Ketika kamu bertemu lagi, pasti akan ada beberapa hal yang kembali menjejali ingatanmu. Hal yang menjejali ingatanmu itu disebut dengan kenangan. Dan saya rasa itu sangat manusiawi.

Sepelupanya seseorang, pasti ia tidak akan pernah lupa dengan seseorang yang pernah membuatnya bahagia, dulu.
Ya, kecuali kalau orang tersebut mengidap alzheimer atau semacamnya.

Kembali lagi, lantas jika sudah begitu apakah Move On itu dianggap gagal? Atau yang biasa disebut galmup?

Kemungkinannya ada dua. Bisa iya bisa juga tidak. Dan keduanya tergantung pada dirimu sendiri.

Iya, jika setelah pertemuan itu kamu terus membiarkan dirimu mengenang setiap kenangan yang muncul.

Tidak, jika setelah pertemuan itu kamu tidak membiarkan kenangan itu terus berlarut-larut hinggap dalam pikiranmu.

Pada dasarnya, semua pilihan kembali pada diri kita sendiri. Hanya diri sendiri yang dapat menilai apakah kita masih mampu untuk bertahan atau lebih baik melepaskan dan mengubah segala kenangan itu menjadi pelajaran untuk lebih dewasa.

*****

"Kamu sih, gampang bilang kayak gitu. Ngejalaninnya susah tau."
Mungkin itu jawaban kalian.

Tapi, saya pun memiliki alasan hingga mengungkapkan pendapat seperti yang ada di atas tadi.

Ini berdasarkan apa yang saya alami hari ini. Ya, hari ini tepat pukul 17.22 WITA

Sama seperti kalimat di awal, "kalau kamu mau move on dari seseorang, kamu harus bisa melupakan dia."

Saya berusaha melupakan seseorang yang pernah saya sukai, dulu. Dan hari ini kami mengobrol lagi setelah sekian lama kontaknya hanya tersimpan dalam kontak BBM.

Kami membicarakan hal yang santai dan biasa. Sampai ada beberapa pesan yang membuat saya kembali teringat dengan kenangan yang dulu. Hampir tidak ada yang berubah dari dia. Hanya gaya bicaranya saja yang sedikit berbeda.

Sama seperti album foto, saya menikmati setiap kenangan yang datang bersamaan dengan obrolan kami yang terus mengalir. Dan setelah obrolan kami selesai, semuanya kembali seperti semula.

Dari kejadian hari ini saya belajar sesuatu. Bahwa kenangan itu tidak bisa dihapus atau dilupakan. Bagaimana pun juga, akan ada suatu momen yang akan kembali mengingatkan kita dengan kenangan itu. Jadi, yang perlu kita lakukan adalah menikmatinya saja.
Tentunya, juga tidak lupa mengambil pelajaran dari kenangan itu.

Selebihnya, tergantung pada pilihan kita. Apakah kita terus mengenang kenangan itu atau bangun dari masa lalu dan menjadikan kenangan itu sebagai pengalaman dan pelajaran hidup.

Move on bukan berarti kita melupakan semua kenangan yang pernah ada. Tetapi, ketika kenangan itu datang lagi, perasaanmu sudah baik-baik saja.
- Atika

Dan karena pengalaman hari ini, sepertinya saya ingin sedikit mengubah kalimat awal tadi.

"Kalau kamu mau move on dari seseorang, kamu tidak harus melupakan dia. Yang kamu butuhkan hanyalah waktu dan niat."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS