Review Film: The Conjuring 2

Sabtu, 25 Juni 2016

Selamat malam!

Sesuai postingan sebelumnya, saya ingin membuat review film The Conjuring 2. Ya, kebetulan beberapa hari yang lalu saya nonton film ini bersama dua sahabat saya. Padahal, saya mengira kalau penontonnya tidak akan terlalu banyak. Mengingat film ini sebenarnya sudah hampir 2 minggu lebih tayang di bioskop. Tapi, ternyata peminatnya masih sangat banyak. Saya dan teman-teman saya sampai harus memilih film pada jam 15.30 karena memang tinggal jam segitu yang tersisa. Kami sampai harus buka puasa di dalam bioskop-_-.

Well, meskipun pengorbanan waktu untuk nonton film ini cukup banyak, tapi saya sangat sangat sangat puas sekali dengan hasilnya. Filmnya kerenn..
Ya, jadi lebih baik saya mulai saja review film yang bertele-tele ini. Maafkan saya--"

***

sumber: google.com

Tanggal liris: 10 Juni 2016
Sutradara: James Wan
Skenario: James Wan, Chad Hayes, Carey Hayes, David Leslie Johnson
Pemain: Vera Farmiga (sebagai Lorraine Warren), Patrick Wilson (sebagai Ed Warren), Madison Wolfe (sebagai Janet Hudgson), Frances O'Connor (sebagai Peggy Hudgson), Bonnie Aarons (sebagai demon Nun), Simon McBurney (sebagai Maurice Grosse), dll.
***

Seperti yang sudah kalian ketahui, film ini diangkat dari kisah nyata keluarga Hudgson. Menceritakan tentang Janet, salah satu anak perempuan Peggy Hudgson yang sering mengalami kejadian aneh. Awalnya tak ada yang percaya, namun semakin hari kejadian aneh terus terjadi di rumah mereka. Mulai dari mobil mainan yang hidup sendiri saat tengah malam, remote tv yang berpindah, kursi yang berpindah, hingga Janet yang sering berjalan saat ia tidur(sleep walking) padahal ia sudah mengikat tangannya pada ranjang agar ia tidak berpindah tempat saat tertidur.

Semakin seringnya kejadian aneh itu, tak tanggung-tanggung bahkan hantu yang berada di rumah itu juga menyerang Janet dan keluarganya. Mereka sempat mengungsi di rumah tetangganya dan memanggil polisi untuk meminta bantuan. Tapi, ketika polisi datang dan melihat kursi yang berpindah dengan sendirinya, mereka menyatakan tidak mampu menyelesaikan masalah itu.

Berita tentang rumah Hudgson yang berhantu itu sampai diberitakan di koran-koran. Beberapa peneliti dan paranormal juga sempat melakukan penyelidikan. Maurice, salah satu yang membantu keluarga Hudgson (saya lupa dia sebagai peneliti atau paranormal--") yang awalnya tidak percaya dengan hal yang berbau hantu atau roh, setelah melihat sendiri Janet yang kerasukan hantu dari rumah itu pun akhirnya percaya dan bersedia membantu Janet dan keluarganya. Janet yang selalu mengalami gangguan. Ia sering kerasukan hantu kakek-kakek yang pernah tinggal di rumah itu dan selalu jadi obyek bagi hantu kakek itu untuk mengganggu orang lainnya.

Berita itu sampai pada paranormal handal Lorraine dan Ed Warren. Awalnya, Lorraine menolak untuk membantu. Itu karena pada kegiatan pengusiran roh sebelumnya- di rumah Amityville- Lorraine bertemu dengan iblis The Nun yang sangat menyeramkan. Dari pertemuan itu, Lorraine mendapatkan bayangan akan kematian suaminya, Ed Warren. Sejak kasus itu, ia enggan melakukan kegiatan paranormal lagi, karena ia tahu nyawa Ed mungkin juga akan terancam bahaya.

Ed kemudian membujuknya untuk tetap membantu keluarga Hudgson. Dan pastur di gereja (pastur yang sama dalam film The Conjuring 1) juga memastikan akan menarik mereka dari kasus itu jika terbukti kasus itu hanya hoax.

Singkat cerita, dari hasil perbincangan antara Ed dan Janet(yang dirasuki oleh hantu kakek-kakek) diketahuilah bahwa hantu kakek itu bernama Bill Willkins. Ia pemilik rumah itu beberapa tahun sebelum keluarga Hudgson tinggal di sana. Berusia (kalau tidak salah) 78 tahun dan meninggal tepat di kursi sudut ruangan(yang diduduki Janet saat itu) karena darah tinggi. Ketika ditanya mengapa ia kembali lagi ke dunia, dia hanya menjawab bahwa dia ingin bertemu keluarganya lagi.

***

Oke, sepertinya sinopsis film ini cukup sampai disini saja. Karena kelanjutannya, kalian harus melihatnya sendiri. Yakin, kalian nggak bakalan nyesel!!

Bagaimana kelanjutan kasus Ed dan Lorraine kali ini? Apakah mereka terus melanjutkan kasus ini? Karena, pada pertengahan film diketahui kalau Janet sendiri yang membuat kekacauan- seseorang merekam Janet saat ia terkunci di dapur dan dari hasil rekaman, terlihat kalau Janet sendiri yang melemparkan piring dan meja seolah-olah ia sedang kerasukan. Lalu bagaimana dengan iblis The Nun yang selalu menghantui Lorraine? Apakah kasus ini benar-benar membawa Ed pada kematiannya?

Hadeh, tonton ajalah ya pokoknya.. hehehe

***

Adegan demi adegan di film ini akan membuat kalian terkejut berkali-kali. Bahkan, sejak beberapa menit di awal film. Kelemahan dari film ini, hmm.. saya masih nyari. Tapi, banyak yang berpendapat kalau hantunya kurang menyeramkan. Saya yakin, kalian pasti sudah melihat wajah The Nun bernama Valak yang sudah banyak dibuat meme di sosial media.

Sumber: google.com

Meskipun begitu, film ini sangat recommended banget buat ditonton. Alur ceritanya yang menarik (terlebih karena film ini based on true story) dan adegan-adegan horor yang selalu berhasil membuat kita menutup mata atau berteriak saking kagetnya. Malah, saya berpendapat kalau The Conjuring 2 ini lebih bagus daripada The Conjuring 1. Untuk kesekian kalinya, James Wan selalu berhasil membuat saya terpukau dengan karyanya. Kayaknya, nanti saya akan membuat postingan tentang sutradara keren yang satu ini. #maafsalahfokus-_-

Oke, sepertinya cukup ini saja review saya mengenai film The Conjuring 2. Sebagai tambahan, saya berikan trailer filmnya. (yang sebenarnya sudah tersedia di Youtube--"). Sampai bertemu di postingan berikutnya.




Rating: 9.5/10

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS