Tak Dianggap!

Kamis, 06 Maret 2014

Aku terdiam memperhatikanmu.
Mimik yang jarang sekali ku dapatkan dari seorang sepertimu.
Saat itu, aku baru mengenal sisi lain darimu.
Sisi lain yang tak pernah kau perlihatkan.
Sisi lain yang(mungkin) selama ini selalu kau sembunyikan.
Sisi lain yang tak pernah disadari oleh banyak orang.
Sisi lain yang sangat jauh berbeda dari sikapmu biasanya.
Dan aku baru menyadarinya.

*****

Siang itu, aku menangkap pemandangan yang tak biasa. Mataku tersorot ke satu arah yang duduk di sudut ruangan.

Tatapanmu kosong dengan kedua kaki yang kau lipat di atas kursi. Terdiam dan melamun di tengah keramaian. Dimana setiap orang sedang sibuk bicara dan saling mengobrol, sedangkan kau hanya duduk termangu seperti patung.

Sesekali, aku melirikmu. Entah, kau menyadari itu atau tidak. Aku menangkap segenggam masalah dari gurat wajahmu. Terlihat, kau sedang memikirkan sesuatu. Sesuatu yang rumit.

*****

Aku tak ingin banyak menduga. Terlalu sok tahu. Dan jadi orang kepo seperti yang pernah kau sebutkan padaku.

Hanya saja, aku merasakan hal yang berbeda saat melihat mimik wajahmu saat itu. Tapi, belakangan ini aku baru sadar. Kau juga memperhatikan sosok orang lain.

*****

Oh Tuhan! Bodohnya aku! Aku memperhatikanmu dan kau memperhatikan dia!

Kau bahkan tak menyadari kehadiranku. Hanya menatapnya dan terus menatapnya.

*****

Dalam sepenggal cerita ini, aku (semakin) sadar. Aku memang tak pernah dianggap. Tak pernah dipandang. Tak pernah dilihat. Dan tak pernah disadari kehadirannya.

Hanya sebagai bayangan yang selalu tertutup dan terinjak.
Hanya sebagai angin yang berlalu dan dirasakan tanpa bisa terlihat wujudnya.
Hanya sebagai udara yang bisa membuatmu bernafas tanpa bisa kau sentuh.
Hanya sebagai air yang membasahi wajahmu tanpa bisa membasuh luka.

*****

Sekarang aku sudah terlalu sadar. Saking sadarnya, aku bahkan menyadari kalau selama ini aku hanya sebagai...

Entahlah. Aku juga bingung. Kau tau? Dipermainkan itu terlalu menyakitkan, kawan!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS